Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi DANA Terhadap Kepuasan Pengguna dalam Melakukan Transaksi Secara Online Sebagai Alat Pembayaran Elektronik (E-Payment) Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Endah Marendah Ratnaningtyas Universitas Mahakarya Asia
  • Delisman Jaya Hulub Universitas Mahakarya Asia
  • Diva Rifdah Rizkia Puspitaningnalac Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC"
  • Jumadi Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.70716/ecoma.v2i2.53

Keywords:

Quality Reliability, Guarantee, Responsiveness, User Satisfaction, DANA

Abstract

As technology and the internet develop, more and more people are using itE-payment as an easy and fast solution in conducting transactions online. This study aims to determine and analyze the effect of service quality on user satisfaction E-payment DANA. The DANA application is an application that supports non-cash payments or Mobile Payment. The type of research used is quantitative, for data collection by distributing questionnaires. The number of samples in this study were 100 respondents. The sample taken is the people of the Special Region of Yogyakarta who use DANA. The data analysis method used in this study is multiple linear regression, t test, F test and test of the coefficient of determination. Based on the test results that have been carried out, the results of this study indicate that partially, reliability, assurance, and responsiveness have a significant effect on user satisfaction. and simultan eously reliability, assurance, and responsiveness have a significant effect on user satisfaction. Keywords: Quality Reliability, Guarantee, Responsiveness, User Satisfaction, DANA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrilia, N., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Afidah Hissi , H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Kepuasan Pelanggan.

Journal on Education, Volume 05, No. 03.

Cahya, I. (2020, Januari 30). DANA Catat 35 Juta Jumlah Pengguna di 2019. Dipetik Juni 15, 2022, dari merdeka.com: https://m.merdeka.com/teknologi/dana-catat-35-juta-jumlah-pengguna-di- 2019.html

Dicky Kurniawan, P., Endah Marendah, R., & RR Putri Ana, N. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Eko Autocare di Sleman). ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisplin.

Fauzi, N., & Okta Roza, M. (2022). Pengaruh Manfaat Teknologi dan Kualitas Layanan Terjadap Loyalitas Pengguna Dompet Digital. Bandung Conference: Accountance, 2(2).

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis dengan program SPSS. Universitas Dipenogoro. Semarang. Gunawan, A., Wahyuni, N., & Sheka, V. (2021). Kualitas Pelayanan Aplikasi DANA Terhadap

Kepuasan Konsumen Quality Of “DANA” Application Services On Consumer Satisfaction.

Maranatha.edu.

Hidayat, A. (2012). Regresi Linear Sederhana dengan SPSS. Diambil kembali dari www.statistikian.com: https://www.statistikian.com/2012/08/regresi-linear-sederhana-dengan- spss.html

Hidayat, A. (2013). Uji Normalitas dan Metode Perhitungan. Dipetik 2022, dari statistikian.com: https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html

Hidayat, A. (2018). Regresi Linear Berganda. Dipetik 2022, dari statistikian.com/2018/01/penjelasan- tutorial-regresi-linear-berganda.html

Hoofnagl, Chris Jay, Urban, Jennifer , M., & Su Li. (2012). Mobile Payments: Consumer Benefits and New Privacy Concerns. BCLT Research Paper.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Penerbit Rajawali, Jakarta.

Kompas.com. (2021, Februari 24). Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta, Hampir Semua "Online" dari Ponsel. Diambil kembali dari tekno.kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/07020097/pengguna-internet-indonesia-tembus- 200-juta-hampir-semua-online-dari-ponsel

Nur Indriantoro, & Bambang Supono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: FEB Universitas Gajah Mada.

Panggabean, G. (2021, Agustus 4). Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia. Dipetik Juni 20, 2022, dari duniafintech.com: https://duniafintech.com/dana-dompet-digital-indonesia/

Raharjo, S. (2017). Panduan Lengkap Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS. Dipetik Juni 2022, dari spssindonesia.com: https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis- regresi-linear-sederhana.html

Rinov Cuhanazriansyah, M., & Giatman, M. (2021). Kualitas Pelayanan dan kepuasan pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanngan DANA Pada Masa Physical Distancing. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains Dan Humaniora.

Rizki Budi Ericaningtyas, B. (2021). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Minat Penggunaan Sistem Pembayaran E-Wallet Di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang ). Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 2(2), 1–20.

Sari. Susanti, & S. Fitram. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media. vol. 6, no.

, pp. 111–117.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfa Beta.

Sugiyon o. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Bandung : Alfabeta .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Susanti, S. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Lazada Menggunakan TAM. Indonesian Journal on Computer and Information Tecnology, Vol 6, No 2.

Sutanto, E., & Yessica, Y. (2020). Analisis Pemilihan Aplikasi Pembayaran. 10(121), 53–69. Sutrisno Hadi. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta:Andi Offset,Edisi Revisi, 136.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & G. Chandra. (2011). Service, Quality And Satisfaction Edisi 3. yogyakarta: Andi. Yesidora, A. (2022, Maret 21). Profil DANA, Dompet Digital Bagian Grup Emtek dan Sinarmas.

Dipetik Mei 15, 2023, dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/intannirmala/ekonopedia/ 623835fd7de77/profil-dana-dompet-digital-bagian-grup-emtek-dan-sinarmas

Yessica, Y., & Sutanto, E. (2020). Faktor yang mempengaruhi pemilihan aplikasi pembayaran seluler.

Journal of Business and Banking.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Ratnaningtyas, E. M., Hulub, D. J., Puspitaningnalac, D. R. R., & Jumadi. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi DANA Terhadap Kepuasan Pengguna dalam Melakukan Transaksi Secara Online Sebagai Alat Pembayaran Elektronik (E-Payment) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Economics and Management, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.70716/ecoma.v2i2.53